Jadwal Seleksi dan Pelaksanaan Tes CPNS 2013

Perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) cukup banyak ditunggu oleh masyarakat. Sebanyak 60.000 PNS baru akan disaring tahun ini oleh pemerintah.

Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN) Eko Prasojo mengatakan, seleksi akan dimulai pada Oktober 2013 nanti.

“Seleksi pelamar umum dilakukan pada Oktober 2013,” kata Eko kepada detikFinance, Jumat (12/7/2013).

Ditambahkan Eko, untuk pertama kalinya sistem perekrutan CPNS akan menggunakan proses baru yang lebih canggih. “Sistem yang digunakan dalam proses tersebut yakni sistem baru Computer Assisted Test (CAT),” ungkap Eko.

Program CAT ini nantinya para peserta yang mengikuti test CPNS tersebut menerima soal secara on-line, kemudian yang bersangkutan langsung menjawabnya pertanyaan-pertanyaan yang ada.

Kemudian secara langsung, jawaban yang diberikan oleh peserta test CPNS/CASN tersebut akan langsung masuk ke server atau database pusat dan dikumpulkan disana.

Dengan sistem ujian yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) tersebut, setiap peserta test CPNS akan langsung mengetahui skor atau nilai hasil ujian mereka setelah mereka selesai mengerjakan soal-soal test tersebut.

“Diharapkan dengan sistem ini akan objektif dan menghilangkan KKN,” kata Eko.

Sistem tes seperti ini juga tidak bisa direkayasa sebab sistem komputer yang akan langsung memeriksa jawaban tiap peserta. “Meski tesnya tidak serentak, tapi setiap soal dijamin berbeda antarpeserta. Apalagi kita sudah punya bank soal yang memuat hingga puluhan ribu soal,” ujarnya.

Penerapan sistem CAT, merupakan salah satu target sembilan percepatan reformasi birokrasi untuk bidang SDM aparatur. Ada yang hal yang difokuskan dalam reformasi bidang SDM, yaitu kinerja pegawai, promosi secara terbuka, dan rekrutmen. 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) melansir jadwal resmi rekrutmen calon abdi negara itu. Tes tulis dijadwalkan dilaksakan pada 3 November nanti.

Secara garis besar tes CPNS 2013 ini terbagi menjadi tiga kelompok. Yakni tes untuk pelamar tenaga honorer kategori 2 (K2), pelamar umum dengan sistem tes tulis lembar jawaban komputer (LJK), dan pelamar umum dengan sistem computer assisted test (CAT). Ujian tulis CPNS baru kelompok tenaga honorer K2 dan pelamar umum LJK, dilaksanakan pada 3 November. Sedangkan ujian online kelompok pelamar umum dengan sistem CAT dilaksanakan mulai 29 September hingga November.

“Kebijakan nasional menginstruksikan tes CPNS baru menggunakan CAT dengan mekanisme online,” ujar Kepala Biro Hukum dan Humas Kemen PAN-RB M. Imanuddin kemarin. Sejumlah instansi pusat maupun daerah sudah mengusulkan untuk menggelar tes CPNS baru dengan sistem CAT. Khusus untuk instansi pemerintah dearah, akan dikomando secara teknis oleh kantor regional BKN (Badan Kepegawaian Negara) setempat.

Imanuddin mengatakan sampai sekarang memang belum ada satupun instansi yang secara resmi mengumumkan rekrutmen CPNS baru. Sebab saat ini masih tahapan penyusunan formasi. Dia mengatakan bahwa penetapan dan persetujuan rincian formasi ini dijalankan hingga 30 Agustus nanti.

Tahapan berikutnya adalah keputusan penetapan formasi, pengumuman penerimaan, pendaftaran pelamar, dan seleksi administrasi dilaksakan pada 1-28 September. Sampai saat ini Kemen PAN-RB belum bisa memprediksi jumlah pelamar tes CPNS 2013.

Tetapi muncul indikasi bahwa pelamarnya bakal meningkat tajam dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Alasannya adalah tes dilaksanakan setelah musim wisuda perguruan tinggi. Selain itu pada dua tahun terakhir kuota penerimaan CPNS baru sedikit, sehingga terjadi penumpukan peminat.

Pihak Kemen PAN-RB terus menggeber sosialisasi tes CPNS baru ini. Khususnya tentang penerapan sistem CAT. Dalam sistem ini, pelamar yang dinyatakan lulus administrasi akan diundang untuk mengerjakan naskah ujian secara online langsung di depan komputer. Keunggulan tes ini adalah, bisa dilaksanakan bergelombang dalam beberapa hari.

Peserta tes CPNS baru sistem CAT akan langsung mengetahui hasil ujian setelah selesai mengerjakan soal ujian. Tetapi perlu dikethaui  yang diujikan secara online ini adalah tes kompetensi dasar (TKD). Masih ada satu tahap saringan lagi, yakni tes kompetensi bidang (TKB). Imanuddin mengatakan panitia telah memiliki jutaan butir soal ujian, untuk mengantisipasi tes CPNS online ini

sumber : detik.com dan http://www.jpnn.com/read/2013/08/24/187572/Kemen-PAN-RB-Lansir-Jadwal-Resmi-Tes-CPNS-2013-

Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Jadwal Seleksi dan Pelaksanaan Tes CPNS 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s