Kegiatan Imunisasi

Campak adalah infeksi masa kanak-kanak, penyebab campak adalah virus. Setelah cukup umum, sekarang campak dapat dicegah dengan vaksin. Tanda dan gejala campak antara lain batuk, pilek, radang mata, sakit tenggorokan, demam dan ruam, juga kulit menjadi merah bernoda kotor. Campak bisa serius dan bahkan fatal bagi anak-anak kecil. Sementara tingkat kematian telah menurun di seluruh dunia sebagai anak-anak lebih menerima vaksin campak, penyakit ini masih membunuh beberapa ratus ribu orang setahun, sebagian besar di bawah usia 5 tahun.

Campak adalah penyakit virus yang sangat menular. Virus campak yang terkandung dalam jutaan tetesan kecil yang keluar dari hidung dan mulut ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Seseorang yang rentan terhadap penyakit campak dapat menangkap virus dengan bernapas dalam tetesan atau jika tetesan telah diselesaikan pada permukaan, dengan menyentuh permukaan dan kemudian meletakkan tangan di dekat hidung atau mulut.

Sebagai upaya pencegahan wabah penyakit campak pada anak, Puskesmas Penarik melaksanakan Kegiatan Imunisasi Campak bekerjasama dengan Sekolah se-Kecamatan Penarik. Kegiatan imunisasi campak menjadi hal yang sangat ditekankan agar masyarakat bisa terbebas dari penyakit tersebut.

Imunisasi campak pada anak-anak mutlak harus dilakukan. Para orang tua diharapkan tumbuh kesadaran untuk membawa anak-anaknya ke puskesmas untuk mendapatkan layanan imunisasi tersebut. Namun dengan adanya kegiatan ini orang tua tidak perlu bersusah payah datang Puskesmas untuk mendapat Vaksin ini. Puskesmas Penarik bekerjasama dengan sekolah-sekolah (SD) di wilayah UPTD Penarik melakukan kegiatan imunisasi di masing-masing sekolah.

Kegiatan Imunisasi Campak di SD Negeri 14 Penarik ini dilaksanakan berdasarkan Surat Tugas  dari Kepala Pusk
esmas No: 445/…./ST/PKM-Pnr/IX2011 tanggal 21 September 2011 yang menugaskan Ibu Suci Rahayu, Ibu Endang Tri Madona, dan Ibu Novi Lismayuni petugas Puskesmas yang diikuti sebanyak 57 dari 59 siswa kelas I SD Negeri 14 Penarik.

“Kegiatan Imunisasi seperti ini rutin dilakukan setiap tahun di sekolah-sekolah di wilayah Puskesmas Penarik, tegas Bu Cici. Anak-anak yang terinfeksi penyakit campak akan lebih buruk kondisi kesehatannya. Apalagi anak tersebut juga menderita kurang gizi,” tambahnya.

Dengan kegiatan imunisasi campak tahun ini diharapkan anak usia kelas I Sekolah dasar di wilayah Puskesmas Penarik dapat terhindar dan terbebas dari wabah penyakit campak.

Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s